Cara Menginstall WordPress di Localhost Ubuntu Menggunakan XAMPP

Pada tutorial kali ini, kita akan mempelajari cara menginstall WordPress di localhost Ubuntu menggunakan XAMPP.  Namun, sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya kita mengetahui apa itu WordPress.

Tentang WordPress

WordPress adalah publishing platform, suatu blogging system yang dipergunakan untuk mengelola konten, berupa teks, foto, video, audio dan media lainnya.

WordPress merupakan projek sumber terbuka (open source), itu artinya kita bebas menggunakan WordPress untuk membuat dan mengelola website, baik blog, company profile, non-profit, pendidikan, komersial dan aplikasi web, tanpa harus membayar lisensi.

Seiring perkembangannya, WordPress telah digunakan oleh lebih dari 60 juta pengguna di seluruh dunia. Jumlah prosesntasi penggunaan WordPress sebagai CMS telah mencapai 27%, mulai dari situs blog biasa sampai website portal yang besar!

Hal ini tidaklah mengherankan karena memang WordPress memiliki fitur yang luar biasa, diantarnya; mudah dimodifikasi (developer friendly), SEO friendly, mobile responsive, keamanan yang terjamin, manajemen media, ekstensi plugin dan tema, serta mudah untuk digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Selain itu WordPress juga didukung oleh komunitas yang sangat luas, baik sebagai developer ataupun pengguna, mereka bersama-sama membangun WordPress menjadi CMS yang terbaik.

Persiapan

Untuk menginstall WordPress di localhost Ubuntu, yang perlu dipersiapkan adalah.

  • Komputer dengan sistem operasi Ubuntu, dalam tutorial ini saya menggunakan Ubuntu 16.04 LTS.
  • WordPress terbaru, download di sini: https://wordpress.org/latest.tar.gz
  • Apache server.
  • PHP direkomendasikan versi 7, namun WordPress juga bisa berjalan menggunakan PHP versi 5.0+.
  • MySQL versi 5.6 atau yang terbaru.

Kamu sudah siap? Lanjut ke langkah pertama!

Langkah Pertama – Install XAMPP (APACHE, PHP dan MYSQL)

XAMPP merupakan program yang memudahkan kita untuk menjalankan server secara lokal, di dalamnya terdapat Apache, PHP dan MySQL. Pada tutorial sebelumnya, kita telah mempelajari bagaimana cara menginstall XAMPP di Ubuntu.

Bagi yang telah menginstall XAMPP bisa melewati langkah ini, dan bagi yang belum menginstall XAMPP, silahkan baca tutorialnya di sini: Cara menginstall XAMPP di Ubuntu.

Langkah Kedua – Membuat Database

Pastikan sebelumnya kita sudah menginstall dan menjalankan XAMPP. Kemudian bukalah web browser favorit kamu, dan masukkan alamat di bawah ini ke address bar.

localhost/phpmyadmin/
phpmyadmin xampp

phpmyadmin di localhost ubuntu

Maka kita telah masuk pada halaman phpmyadmin, pada halaman ini kita dapat membuat, menghapus dan mengatur databse. Untuk membuat database, klik tab Databases.

membuat database baru

membuat database baru

Isikan wordpress pada kolom database name, dan pilih utf8_general_ci untuk karakter setnya.

Apakah database name harus wordpress dan apakah karakter setnya harus utf8_general_ci? Maka, jawabannya adalah tidak. Kita boleh memasukkan nama database sesuai selera masing-masing, Begitu juga dengan karakter set, kita bebas memilih karakter set yang kita suka. Secara default karakter setnya adalah latin, umumnya latin1_swedish_ci, yakni database hanya dapat menyimpan karakter latin saja. Apabila ada karakter arab, cina, dan karakter non-latin lainnya, maka karakter tersebut akan dikonversi menjadi ‘???’, dan akan terbaca ‘???’. Oleh karena itu, pada tutorial kali ini, collation yang kita pilih adalah utf8_general_ci.

Selanjutnya, klik tombol Create untuk membuat database. Cukup mudah bukan?

Langkah Ketiga – Download dan Ekstraksi Berkas WordPress

Perlu diperhatikan, bahwa semua aplikasi web yang kita akses melalui localhost harus berada di dalam folder /opt/lampp/htdocs/, folder ini otomatis dibuat ketika kita menginstall XAMPP. Sehingga, berkas WordPress yang telah kita download, harus kita ekstraksi ke dalam folder tersebut.

Download WordPress

Buka terminal (CTRL + ALT + T), masukkan perintah

:~$ wget https://wordpress.org/latest.tar.gz

download wordpress via terminal linux

Ekstrak WordPress

Ekstraksi berkas WordPress dengan menggunakan perintah

:~$ sudo tar xvfz latest.tar.gz -C /opt/lampp/htdocs

ekstraksi wordpress ke folder htdocs

karena kita akan mengekstrak berkas ke dalam folder htdocs, kita harus menggunakan sudo di awal perintah.

Merubah file permission dan ownership

Secara default, kita harus memasukkan password ketika inging merubah file-file yang berada di dalam system folder, oleh karena itu kita harus memberikan ijin dan merubah kepemilikan folder wordpress agar kita dapat mengedit, mengupload dan menghapus berkas dengan mudah.

Untuk mengganti file permission, masukkan perintah

:~$ sudo chmod -R 755 /opt/lampp/htdocs/wordpress

Dan untuk mengganti ownership, gunakan perintah

:~$ sudo chown -R daemon:daemon /opt/lampp/htdocs/wordpress

Dengan perintah di atas, kita tidak perlu lagi memasukkan password untuk merubah file yang berada di dalam folder /opt/lampp/htdocs/wordpress.

Langkah Keempat – Konfigurasi dan Setup WordPress

Langkah keempat sekaligus langkah terakhir dalam tutorial ini adalah konfigurasi dan setup WordPress.

Konfigurasi WordPress

Buka web browser favorit kamu, dan masukkan alamat di bawah ini ke address bar

localhost/wodpress

konfigurasi bahasa wordpress

Pilih Bahasa Indonesia, lalu klik Lanjutkan.

Muncul informasi, untuk memastikan apakah kita telah menyiapkan database. Karena kita telah membuat database pada langkah sebelumnya, maka langsung saja klik Ayo!

Masukkan data sesuai isian pada gambar di atas. Nama basis datanya adalah wordpress, nama basis data harus sesuai dengan nama databse yang telah kita buat melalui phpmyadmin pada langkah sebelumnya. Nama pengguna isikan dengan root, kolom password biarkan kosong dan isian host serta prefiks tabel biarkan tanpa perlu dirubah. Setelah selesai, lalu klik Kirim!

Jika berhasil, maka kita akan mendapatkan pesan bahwa setup berhasil dan WordPress yang kita install sudah dapat berkomunikasi dengan database. Klik Jalankan Instalasi.

Setup WordPress

Pada halaman instalasi, kita diminta untuk mengisi data judul situs, nama pengguna, passoword, dan email. Silahkan isi sesuai selera ya! Setelah selesai, klik Instal WordPress.

Pada halaman ini, kita mencoba untuk masuk ke halaman admin. Masukkan nama pengguna dan password yang telah kita tentukan sebelumnya, lalu klik Log Masuk.

Selamat! kita berhasil masuk halaman admin WordPress. Pada panel di sebelah kiri, kita akan melihat menu yang telah disediakan oleh WordPress, kita dapat mempelajari satu persatu menu WordPress yang ada, mulai dari menu membuat posting, upload media, membuat halaman, mengatur komentar, menggaanti tema dan memasang plugin.

Untuk keluar dari halaman Admin, arahkan kursor ke pojok kanan atas, lalu klik Log Keluar.

Kita berharap tutorial ini dapat membantu kamu mempelajari cara menginstall WordPress di localhost Ubuntu dengan sangat mudah. Jika kamu memiliki kendala saat menginstall WordPress, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *