Mengenal Menu di Halaman Admin WordPress

Tampilan


Pada menu ini, kita dapat mengatur tampilan blog atau website kita, menyesuaikan desain, memasang dan mengaktifkan tema baru. Menu ini memiliki beberapa submenu antara lain.

Tema

Tema adalah keseluruhan desain sebuah website mencakup warna, grafik, dan teks. WordPress memiliki perpustakaan tema yang langsung bisa kita aktifkan melalui menu ini. Pilihan temanya sangat banyak, gratis dan ada juga yang berbayar. Pilihlah tema yang sesuai dengan jenis website kita. Jika kita suka blog atau jurnalis, maka pilihlah tema yang sesuai, misalkan tema twenty seventeen. Selain itu kita juga dapat mengunggah tema kustom melalui fitur unggah tema.

Sesuaikan (Customize)

Menu ini memungkinkan kita untuk menyesuaikan tema lebih detail lagi seperti mengatur warna, ukuran huruf, latar belakang dan desain banner. Namun fitur customize hanya akan ada jika developer tema tersebut telah menkonfigurasinya. Jika developer tidak menyertakan fitur ini pada tema yang kita gunakan, maka secara otomatis menu atau fitur ini tidak bisa kita gunakan.

Widget

Widget adalah program yang bisa kita tambah, hapus dan sesuaikan ke dalam widget area yang tersedia. Widget dapat digunakan pada satu atau lebih widget area (sidebar). Ada berbagai widget bawaan yang bisa kita gunakan, seperti teks, kategori, arsip, postingan terbaru, komtentar terbaru dan blogroll.

Sama halnya seperti fitur customize, tema harus mendukung fitur widget, jika tema tidak dikonfigurasi untuk mendukung widget, maka secara otomatis kita tidak bisa menggunakanya.

Menu

Fitur Menu memungkinkan Anda untuk membuat menu navigasi halaman, kategori, link kustom, tag, dan lain-lain, yang disajikan kepada pengunjung situs kita. Untuk menggunakan Menu, tema harus dikonfigurasi agar mendukung fitur ini.

Kepala Laman (Header)

Menu header memungkinkan Anda mengelola gambar apa yang ditampilkan di header tema. Pilihan ini hanya akan ada tema mendukung fitur header. Tema terbaru WordPress, twenty seventeen telah mendukung fitur ini, kita bisa mencobanya.

Latar Belakang (Background)

Menu ini memungkinkan Anda mengelola tampilan dan nuansa latar belakang tema. Pilihan ini hanya akan ada tema mendukung fitur background.

Editor

Kita dapat menggunkan Editor untuk mengedit berbagai file yang ada pada folder tema.

Plugin


Plugin adalah fitur baru yang dapat kita tambahkan ke website. Pada menu ini kita dapat mengatur, memasang, mengaktifkan, menonaktifkan dan menghapus plugin dengan mudah. Menu ini memilliki submenu antara lain.

Plugin Terpasang

Menu ini menampilkan daftar plugin yang telah kita pasang, kita akan melihat plugin mana saja yang sedang aktif, non-aktif dan yang membutuhkan pembaruan.

Tambah Baru

Melalui menu ini kita dapat memasang plugin baru. WordPress memilki perpustakaan plugin, di dalamnya terdapat jutaan plugin gratis yang sangat menarik dan bermanfaat, kita cukup mencari plugin yang sesuai kemudian klik pasang. Selain itu, kita juga dapat mengunggah plugin kustom melalui fitur unggah plugin.

Editor

Melalui menu ini, kita dapat memodifikasi kode sumber semua plugin yang telah kita pasang.

Pengguna


Menu ini memungkinkan kita untuk mengatur semua akun pengguna yang ada, mengubah informasi atau menghapusnya. Kita dapat mengatur pengguna berdasarkan aturan tertentu, seperti administrator, editor, author, kontributor atau pelanggan. Menu ini memiliki submenu antara lain.

Semua Pengguna

Menampilkan semua pengguna yang terdaftar, kita dapat mengelola akun semua pengguna situs di sini.

Tambah Baru

Melalui menu ini, kita dapat menambahkan pengguna atau mengundang orang lain untuk mendaftar.

Profil Anda

Melalui menu ini, kita dapat mengubah informasi terkait akun kita sendiri, serta menyesuaikan desain halaman admin ketika kita sedang log in.

Perkakas (Tools)


WordPress Tools memberi kita kemampuan untuk mempercepat WordPress, mengimpor konten dari sumber lain, mengekspor konten, atau untuk mengupgrade perangkat lunak WordPress kita ke rilis terbaru.

Perkakas Yang Tersedia

Press This, fungsi bawaan WordPress ini memungkinkan kita untuk menerbitkan posting secara cepat melalui web browser.

Impor

WordPress mendukung data impor dari sejumlah sumber eksternal, seperti blogger, LiveJurnal, RSS, tumblr dan lain-lain. Dalam banyak kasus, posting, komentar, halaman, kategori, tag, dan pengguna, juga dapat diimpor.

Ekspor

Pada menu ini kita dapat mencadangkan data website ke dalam format XML untuk kita simpan ke komputer. Formatnya, yang disebut file WordPress eXtended RSS atau WXR, akan berisi posting, komentar, kolom kustom, kategori, dan tag Anda. File ini, dapat kita unggah kembali melalui fitur impor.

Pengaturan


Menu ini memungkinkan kita untuk mengelola website secara keseluruhan, kita dapat mengatur bagaimana website berinteraksi dengan kita atau pengunjung. Menu ini memiliki submenu antara lain.

Umum

Melalui menu ini kita dapat melakukan pengaturan dasar seperti, judul situs , tagline, tanggal, waktu dan bahasa.

Penulisan

Pada menu ini kita dapat mengatur kategori dan format postingan, mengatur fitur posting melalui email serta mengaktifkan jenis pos portfolio dan testimoni.

Membaca

Melalui menu ini, kita dapat mengatur jumlah pos dan umpan pos website kita, selain itu kita dapat mengatur tulisan apakah akan ditampilkan pada halaman standar atau halaman depan statis.

Diskusi

Melalui menu ini, kita dapat mengatur notifikasi ketika ada tulisan atau komentar terbaru. Lebih jauh, kita dapat mengatur bagaimana komentar di tampilkan, apakah langsung diterbitkan atau harus melalui moderasi terlebih dahulu.

Media

Menu ini memungkinkan kita untuk mengatur ukuran dimensi media gambar serta mengatur tempat penyimpanan media yang kita unggah.

Permalink

Menu ini memungkinkan kita untuk mengatur struktur URL.

Kesimpulan

 

WordPress merupakan CMS yang memiliki banyak fitur, kita dapat mengakses dan mengontrol berbagai fitur melalui menu-menu yang telah tersedia. Oleh karena itu, saya sangat setuju jika WordPress mendeklarasikan dirinya sebagai CMS yang sangat mudah digunakan bahkan oleh kita yang tidak mengerti tentang pemrograman sekalipun.

Bagi kamu yang ingin bertanya, atau sekedar berdiskusi silahkan sampaikan melalui formulir komentar di bawah. Demikian tulisan saya kali ini, dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *