Menikmati Indahnya Pantai Papuma, Subhanallah!

Pantai papuma merupakan salah satu lokasi wisata yang ada di Jember, Jawa Timur. Nama Papuma sendiri lebih familiar dari pada nama panjangnya, “Pasir Putih Malikan”.

Pantai Papuma

Tidak hanya Papuma, Jember juga memiliki beberapa wisata pantai yang cukup menarik sebut saja Watu Ulo, Bandealit, Paseban, Payangan dan Teluk Love. Namun bagi saya tetap, pantai ini adalah pilihan yang terbaik untuk menikmati indahnya alam, kombinasi antara putihnya pasir, birunya laut, batu karang dan deburan ombaknya, subhanallah!

سبحن اللّٰه

A post shared by Tommy Pradana (@tompradana) on

Foto dan Video


Nah, Sabtu kemarin saya sempat mengambil beberapa foto dan video, hanya beberapa saja sih, namun setidaknya kita jadi sadar dan teringat, betapa Maha Besar Allah…

Ini foto di sisi selatan Papuma. Ombaknya sangat besar, batu karangnya juga banyak.

A post shared by Tommy Pradana (@tompradana) on

A post shared by Tommy Pradana (@tompradana) on

A post shared by Tommy Pradana (@tompradana) on

Dan ini foto di sisi timur Papuma. Para pengunjung lebih banyak di tempat ini, karena ombaknya tidak begitu besar, banyak pasir dan sedikit batu karang, jadi aman untuk sekedar bermain pasir atau nyemplung.

A post shared by Tommy Pradana (@tompradana) on

Rute


Rute untuk menuju Papuma sangat mudah, jarak dari Jember kota kurang lebih 38km ke arah selatan, dan dapat ditempuh kurang lebih selama 1 jam perjalanan, baik menggunakan motor, mobil dan bis.

Tiket


Saya tidak pernah menghitung berapa harga tiket masuknya untuk satu orang, yang jelas kalau berdua + motor, saya harus bayar 37000,- di hari biasa, dan lebih mahal di hari minggu atau hari libur.

Tips Berlibur ke Papuma ala Saya Sendiri

  1. Tidak ada transportasi umum yang menuju Papuma, jadi gunakanlah kendaraan pribadi, motor, mobil atau sewa.
  2. Papuma ini berada di balik bukit, akan memerlukan beberapa menit lagi untuk menuju lokasi, jalannya menanjak, sedikit berlobang dan berdebu. Jadi pastikan ban kendaraan dalam kondisi baik.
  3. Simpan barang berharga ditempat yang aman, karena di sini banyak monyet yang berkeliaran.
  4. Jangan coba-coba untuk melanggar tanda peringatan.
  5. Jangan buang sampah sembarangan, buanglah pada tempatnya, atau bawa pulang.
  6. Di sini sudah ada penjaja makanan dan minuman ringan, jadi jangan takut kehausan atau kelaparan.
  7. Bagi yang ingin bermalam, di sini ada beberapa paviliun yang bisa disewa.
  8. Jika ingin suasana yang lebih sepi, datanglah di hari kerja, Senin – Sabtu. Hari libur biasanya selalu ramai.

Nah, jadi bagaimana? Tertarik tidak untuk bermain ke Papuma? Tapi ingat, jangan hanya bermain saja di sana ya, isilah waktu dengan yang bermanfaat, merenungi keindahan ciptaan-Nya, menikmati keindahan alam sehingga mendorong kita untuk semakin beriman dengan keesaan Allah. Karena Allah ta’ala berfirman:

Katakanlah: “Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian Allah menjadikannya sekali lagi. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (al-ankabut: 20)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *